top of page
Search

Bukan Cuma Asal Nyaman, Simak Tips Keselamatan untuk Riding ke Luar Kota

Li

bur di tanggal merah atau weekend tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu setelah sepekan bekerja. Agenda libur bersama teman atau sahabat menjadi agenda yang selalu ditunggu-tunggu. Tak terkecuali dengan para pecinta touring atau pun riding. Persiapan pun juga harus benar-benar diperhatikan loh. Riding ke luar kota membutuhkan persiapan fisik dan mental yang baik. Apalagi jika musimnya hujan seperti sekarang ini. Berikut ada tips keselamatan riding yang bisa dilakukan sebelum perjalanan:

1. CEK FISIK MOTOR

Motor adalah alat utama dalam perjalanan riding. Ibarat tubuh, jika anggota bagian tubuh sakit, semua juga akan sakit. Begitu juga bagian anggota motor. Misalnya jika ban tidak normal, akan memengaruhi performa motor saat digunakan. Terlebih ini menyangkut keselamatan riding. Cek fisik motor ke dealer resmi motor. Dengan begitu, kondisi motor bisa dipastikan apakah ada yang harus diganti atau sudah baik-baik saja. Bagian rem adalah bagian yang sangat vital. Sebelum digunakan ke luar kota, alangkah baik jika harus benar-benar dipastikan aman.

2. MENYIAPKAN MANTEL YANG STANDAR

Mantel di musim hujan merupakan kelengkapan keselamatan riding yang sangat penting. Apalagi jika bepergian ke luar kota. Mantel di saat cuaca penghujan seperti sangatlah urgent dan harus benar-benar dibawa saat perjalanan dengan motor. Biasanya banyak pengendara motor yang memakai mantel sekali pakai. Padahal jika untuk perjalanan jauh, mantel sekali pakai tidaklah efektif. Baju bisa basah, serta rawan robek. Sebaiknya, gunakan mantel standar yang tahan air serta mengcover tubuh. Jangan sampai, niat kiat menggunakan mantel agar tidak basah, malah air masuk ke baju semua.jika kehujanan, bisa membuat tubuh gampang sakit. Sebisa mungkin, kita harus menjaga tubuh agar tetap fit selama perjalanan.

3. MENJAGA FISIK AGAR TETAP FIT

Sebelum melakukan riding, ada baiknya kita menjaga fisik agar bugar selama di perjalanan. Keselamatan riding kuncinya ada di pengemudi. Jika pengemudi fit, tentu dalam perjalanan akan menjadi menyenangkan. Menjaga fisik bisa dilakukan dengan makan makanan yang bergizi, minum air putih yang banyak, olahraga secara teratur, serta mengurangi rokok bagi perokok.

4. TIDUR YANG CUKUP

Bagi pengendara motor, haram hukumnya mengantuk saat berkendara. Maka banyak sekali himbauan agar pengendara istirahat jika mengantuk saat berkendara. Tidur yang cukup adalah kunci keselamatan riding. Sebelum berangkat, sangat dianjurkan menjaga kondisi tubuh segar dan tidur cukup.

5. MENGGUNAKAN HELM YANG SAFETY

Helm yang safety merupakan bagian dari prosedur keselamatan riding. Jika akan keluar kota, jangan sesekali tidak mengenakan helm atau helm abal-abal yang mudah pecah. Kita tidak tahu apa yang terjadi di perjalanan. Jika ada kemungkinan terburuk, helm akan melindungi bagian tubuh kita yang penting yaitu kepala.

6. MEMAKAI JAKET

Keselamatan riding berikutnya adalah mengenakan jaket yang aman. Pakai jaket yang melindungi kulit dari udara dingin dan angin yang kencang. Dengan memakai jaket yang tepat, tubuh akan terlindungi. Selain itu bisa membuat tubuh dalam suhu yang hangat sehingga tidak masuk angin.

7. MINUM VITAMIN

Untuk menambah kebugaran, minum vitamin dianjurkan sebelum bepergian. Vitamin dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Nah itulah beberapa tips untuk keselamatan selama perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Dengan begitu, keselamatan akan menjadi prioritas utama sehingga perjalanan menjadi aman, nyaman, dan pastinya menyenangkan. Apalagi jika membonceng orang yang kita sayang, keselamatan adalah harga mati yang tak bisa ditawar

5 views0 comments

Comments


bottom of page