top of page
Search

JANGAN SAMPAI TERJADI! EFEK SAMPING PADA TUBUH SAAT SALAH MEMAKAI SEPATU


Sepatu adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Baik untuk anak sekolah, olahraga, menemani hiking, atau hanya sekedar bersantai. Kebutuhan ini harus diperhatikan dengan baik dan harus disesuaikan dengan karakteristik kaki Anda sendiri. Jika terjadi kesalahan dalam memilih sepatu tentu banyak efek yang akan ditimbulkan, bahkan bisa menjadi hal yang sangat fatal bila terus dibiarkan.


Efek Kesalahan Memilih Sepatu Kesalahan dalam memilih sepatu bisa mengakibatkan banyak penyakit yang akan Anda alami. Harus melakukan tahap pemulihan yang dianjurkan bahkan hingga ditangani melalui proses operasi. Adapun efek yang terjadi jika salah dalam memilih sepatu diantaranya

1. PENYAKIT BUNION


Penyakit ini ditandai dengan adanya pembengkakan pada jaringan yang terletak dijempol. Jika penyakit ini tumbuh, bisa jadi jempol akan berubah mendekati jari disampingnya. Ini mengakibatkan kaki akan merasakan sakit jika dikenakan sepatu.


Adapun cara memulihkannya dengan memakai sepatu dengan ruang gerak yang lebih luas, agar kaki-kaki bisa bergerak dengan bebas tanpa adanya rasa sempit atau kaki merasa tertekan. Alangkah lebih baiknya jika langsung berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui hal apa saja yang perlu dihindari dan dilakukan atau bisa jadi kaki Anda membutuhkan penanganan khusus.

2. TUMBUHNYA KUKU KEDAGING


Kuku bisa tumbuh dan masuk kedaging jika kesalahan dalam memilih sepatu itu terjadi. Kenapa bisa? Karena adanya tekanan abnormal yang terjadi pada jangka waktu yang lama, sehingga akan menyebabkan inflamasi pada kuku. Ketika terjadi inflamasi secara otomatis jari-jari kuku akan terasa nyeri dan sakit jika Kita mengenakan sepatu.


Langkah untuk mengatasi masalah ini adalah gunakan sepatu yang tidak sempit, basahi kaki 3 sampai 4 kali sehari dengan air hangat. Jika hendak memotongnya usahakan jangan terlalu pendek hingga berdarah atau luka.



3. JARI KAKI AKAN BERSILANG


Terjadi ketika jari kaki mendapatkan tekanan yang berlebihan. Jari kaki yang satu akan menyilang kejari didekatnya. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini bisa dengan menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas dengan kaki Anda, memisahkan dengan bantuan spacer dengan cara menekan jari kaki ke lantai dengan perlahan.


Kesalahan dalam memilih sepatu ini juga bisa diatas dengan mengompresnya dengan es batu, dan jika tetap tidak berhasil dan Anda tetap ingin memulihkannya dengan jalan operasi.

4. JARI KAKI PALU


Ini bisa terjadi jika jari kaki Anda tidak bisa diluruskan ketika memakai sepatu. Sendi-sendi jari bengkok sehingga terlihat menonjol keatas. Ketika mengenakan sepatu antara jari-jari kaki dan permukaan sepatu akan secara otomatis bergesekan dan ini yang menyebabkan rasa sakit.


Efek lainnya adalah otot-otot pada jari kaki akan terus melemah jika terus dipaksakan dalam kondisi seperti ini. Pakai bidai kaki, mengompres dengan es batu, untuk meminimalisir rasa sakit akibat kesalahan dalam memilih sepatu ini.



Jadi, Anda harus memperhatikan sepatu yang ingin Anda kenakan dalam segala situasi. Apakah ukurannya sesuai dengan fostur kaki Anda, sempit tidaknya, atau mungkin terlalu kebesaran. Kesalahan dalam memilih sepatu memiliki dampak buruk yang akan terjadi pada tubuh Kita terutama pada bagian kaki.


Jika Anda sedang dalam situasi atau mengalami masalah seperti ini, segeralah menganganinya atau langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik, sehingga tidak akan terjadi hal fatal bahkan hingga adanya operasi.

21 views0 comments

Comments


bottom of page