top of page
Search

Kaki Lecet Karena Sepatu Baru? Cek Masalahnya disini



Masalah yang sama akan muncul ketika Kita mengenakan sepatu rusak dan sepatu baru, yaitu sama-sama berakibat rasa sakit pada kaki. Namun, untuk mengatasi ini semua banyak hal yang bisa Kita lakukan.

Salah satunya dengan cara mengikuti panduan menghindari kaki lecet karena sepatu. Pencegahan ini bisa diterapkan untuk mengantisipasi keadaan kaki kamu tetap nyaman mengenakan jenis sepatu apapun.


BEBERAPA PANDUAN MENGHINDARI KAKI LECET KARENA SEPATU

Bagaimana tidak senang ketika kita bisa membeli sepatu baru lalu memakainya. Hal ini tidak jadi menyenangkan jika masalah muncul dan berakibat kurang baik untuk Kita. Kaki lecet atau bisa jadi sampai berdarah, tentu ini sangat tidak enak jika terus memaksakan berjalan.

Ada panduan menghindari kaki lecet karena sepatu, mencegah untuk bisa secara bebas mengenakan berbagai jenis sepatu tanpa adanya rasa tidak nyaman, luka, lecet atau penyakit lain.


1. PILIHLAH SESUAI POSTUR KAKI KAMU

Pastikan sepatu yang kamu beli muat untuk dipakai, dimana ukurannya pas walau terkadang ukuran kaki sangat cepat mengalami perubahan, menyesuaikan bentuk kaki apakah kaki kamu terlalu lebar atau terlalu kecil.

Panduan menghindari kaki lecet karena sepatu lainnya adalah mencoba membeli sepatu pada siang hari (dimana kondisi kaki pada siang hari mempunyai sirkulasi darah yang normal, darah lebih banyak mengalir tubuh bagian bawah. Sehingga kaki terlihat lebih gemukan.


2. JANGAN LANGSUNG MEMAKAI SEPATU BARU


Jika kamu membeli sepatu baru, alangkah lebih baiknya jika kamu tidak langsung memakainya kecuali dalam keadaan terpaksa dan mengikuti panduan menghindari kaki lecet karena sepatu.

Kondisi kaki juga membutuhkan penyesuaian agar tidak terjadi iritasi atau lecet ketika dipakai, kamu perlu melakukan hal seperti diamkan sepatu dalam beberapa hari dengan kondisi bagian dalam sepatu telah diganjal dengan tisu atau kaos kaki untuk mengkondisikan sepatu agar terlihat lebih longgar. Baru setelah beberapa hari kemudian sepatu bisa dipakai dengan ruang gerak yang tercukupi.



3. GUNAKAN PLESTER PADA LUKA


Jika kamu ingin segera memakai sepatu baru kamu, untuk mengantisipasi terjadinya lecet pada kaki kamu bisa menempelkan plester pada kaki yang rentan sakit. Sebelumnya untuk mengetahui kaki mana yang mudah luka, kenakan sepatu selama 30 menit, jika terasa ada yang sakit ketika mengenakan sepatu itu langsung saja pakaikan plester. Plester ini berfungsi menghambat terjadinya gesekan antara kulit kaki yang mudah iritasi dengan bagian sepatu.


4. MEMAKAIKAN ANTIPERSPIRANT


Karena padatnya aktivitas kamu dan keaktifan kamu dalam bergerak kesana kesini, ketika mengenakan sepatu baru harus menerapkan panduan menghindari kaki lecet karena sepatu, bisa diatasi dengan memakaikan antiperspirant untuk mengurangi rasa sakit karena gesekan.

Cara memakaikannya cukup menyemprotkan antiperspirant pada bagian telapak kaki, setelah itu jangan langsung memakaikan sepatu tetapi tunggulah sampai benar benar kering.



Jadi, masalah kaki lecet, luka hingga berdarah karena memakai sepatu baru itu disebabkan beberapa kesalahan yang kamu lakukan sendiri. Entah karena kesempitan ukuran, tidak sesuai dengan bentuk kaki kamu, terlalu tingginya sepatu sehingga tidak bisa menyeimbangkan atau kesalahan lain yang mungkin belum kamu ketahui.

Panduan menghindari kaki lecet karena sepatu bisa diterapkan dengan dengan panduan diatas, ditambah dengan pencegahan dengan menambahkan lotion, tisu atau kaos kaki yang tebal untuk mengurangi resiko lecet pada kaki, karena kenyamanan sepatu juga akan berpengaruh terhadap aktivitas yang kamu kerjakan.

6 views0 comments

Comments


bottom of page