top of page
Search

Untuk pekerja keras, Waspada Kecelakaan Kerja dengan 3 Perlindungan ini

Updated: Dec 9, 2020



Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keluarga, seorang kepala keluarga harus bekerja. Bekerja dengan tulus merupakan bukti cinta ayah sebagai bentuk tanggung jawab keluarga. Salah satu pekerjaan di luar ruangan atau kantor pun umumnya menjadi pekerjaan yang sering kita jumpai. Pekerja outdoor pun rentan terhadap beberapa kecelakaan kerja jika tidak waspada. Untuk itu, pekerja outdoor harus benar-benar waspada. Salah satunya dengan mengenakan sepatu. Mencegah kecelakaan kerja dengan sepatu safety juga bisa dilakukan dengan memilih sepatu standar yang disesuaikan dengan kondisi meda pekerjaan kita.


Berikut ini adalah alat perlindungan diri yang bisa digunakan oleh pekerja outdoor:

  1. Helm dan Sepatu Safety Siapa yang belum pernah melihat pekerja mengenakan helm? Tentu hampir semua sudah pernah. Biasanya mereka bekerja di proyek-proyek lapangan. Dan yang mengenakan helm itu, bukan hanya kuli proyek saja. Semua pekerja wajib mengenakan helm safety ketika berada di daerah rawan kecelakaan kerja. Mulai dari pengawas proyek, manager, dan sebagainya. Helm ini digunakan untuk perlindungan kepala. Kita tidak tahu hal apa saja yang bisa kemungkinan terjadi. Mencegah kecelakaan kerja dengan sepatu safety pun juga harus jadi prioritas lho. Mengapa demikian? Karena kaki pun anggota tubuh yang rawan terkena efek kecelakaan kerja. Maka dari itu, saat berada di luar ruangan atau kerja lapangan gunakanlah sepatu yang benar-benar sesuai standar keamanan. Banyak lho manfaat atau keuntungan bekerja di outdoor dan mengenakan sepatu yang safety. Antara lain adalah bisa menghindari benda tajam seperti paku, besi, dan kayu yang berbahaya. Sepatu safety juga menghindarkan dari kemungkinan tersiram cairam kimia berbahaya dan suhu panas atau pun dingin.

  2. Masker Mencegah kecelakaan kerja dengan sepatu safety itu sebenarnya simple. Asal ada kemauan, tentu bisa menerapkan standar operasional keamanan. Selain helm dan sepatu, kita juga bisa mengenakan masker. Masker berguna sekali untuk menghindarkan diri dari udara kotor, polusi, dan serpihan mikro yang mengganggu pernapasan. Di lingkungan outdoor, kita tidak bisa lepas dari debu yang berterbangan. Polutan yang ada di udara pun bisa jadi sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk itu sangat baik saat bekerja mengenakan masker standar yang dapat menyaring debu debu. Sayangnya, setelah wabah corona saat ini, harga masker biasa pun dijual sangat mahal. Semoga segera berakhir masa-masa sulit seperti saat ini.

  3. Kacamata dan Sarung Tangan Selain mencegah kecelakaan kerja dengan sepatu safety, kacamata pun bisa menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan. Mata adalah bagian tubuh yang sangat vital dan sensitif. Sedikit saja terkena kotoran, akan sangat mengganggu. Maka untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya gunakan kacamata kerja yang bisa melindungi dari debu, sinar terik matahari, dan serpihan yang mungkin bisa masuk ke mata. Sarung tangan juga penting sebagai alat pelindung diri. Sarung tangan yang digunakan pun disesuaikan dengan jenis pekerjaannya. Ada beberapa jenis sarung tangan seperti leather gloves, digunakan untuk benda yang permukaannya kasar. Rubber gloves digunakan untuk pekerja yang berhadapan dengan listrik. Latex disposable gloves digunakan untuk menghadapi kuman dan bakteri. Nah sebenarnya masih banyak lagi jenis sarung tangan lainnya.


Itulah beberapa jenis perlindungan diri yang tentunya wajib diperhatikan oleh pekerja lapangan atau outdoor. Bekerja di luar ruangan jelas memiliki risiko yang lebih besar. Maka dari itu, keselamatan harus tetap diutamakan, termasuk mencegah kecelakaan kerja dengan sepatu safety.

8 views0 comments

Commentaires


bottom of page